tutorial tali sepatu

Tutorial Tali Sepatu

Mengikat tali sepatu termasuk bagian cara berpakaian sehari-hari, namun seringkali kurang diperhatikan. Banyak orang mengikat tali sepatu sekadar agar tak mudah lepas. Padahal, ada banyak cara mengikat tali sepatu agar tampilannya berbeda dan tidak itu-itu saja. Mempraktekkan ragam tutorial tali sepatu di bawah ini akan bisa membuat penampilan tampak berbeda dari biasanya. Berikut adalah aneka gaya tali sepatu dan cara melakukannya.

 

Aneka Cara Mengikat Tali Sepatu Yang Anti Mainstream

 

  1. Criss-Cross

Ikatan tali sepatu paling klasik dan mudah ialah model criss cross. Cara mengikatnya hanyalah dengan menyilangkannya. Kita pasti pernah atau bahkan sering mencoba gaya mengikat tali sepatu seperti ini. Gaya criss cross juga cocok untuk tipe ikatan tali sepatu terbuka atau open lacing. Termasuk di antaranya adalah untuk sepatu derby atau sneaker kesayangan. Ikatan tali sepatu ini terutama memberi kesan fleksibel namun kurang formal.

 

  1. Over Under

Kesan solid bisa didapat dari cara tali sepatu over under. Model ini sekaligus akan menghasilkan pola berupa huruf X yang simetris serta berbeda dari pola criss cross. Apabila ingin mencobanya, akan lebih cocok pada sepatu yang memiliki ikatan tali tertutup atau closed lacing karena memberi kesan formal. Persilangan tali sepatu dengan gaya over under akan mengurangi gesekan dari masing-masing tali sepatu. Kita akan bisa dengan mudah mengencangkan sepatu apabila menggunakan model satu ini.

 

  1. Lattice

Tutorial tali sepatu berikutnya adalah model lattice yang memberi tampilan bold. Ikatan ini juga menggunakan pola over under over ketika memasukkan tali sepatu ke dalam lubangnya. Akan tetapi, model satu ini akan memberi kesan yang lebih bold. Pastikan sepatu memiliki enam hingga delapan lubang tali supaya mendapat efek tenun maksimal. Walau tampak rumit, namun ikatan ini terbilang mudah asalkan kita mengikuti langkah-langkahnya.

Baca Juga :  Potong Rambut Model Baru

 

  1. Diagonal Modern

Kita juga bisa mencoba gaya diagonal modern yang memberi kesan simpul modern. Langkahnya hampir mirip gaya criss cross, akan tetapi di satu sisi lubang kita harus masukkan tali di bawah lidah sepatu. Gaya ini bisa dipasangkan satu arah, baik menyerong kanan maupun kiri sehingga tali sepatu akan tampak kembar. Selain itu, tali sepatu dapat pula dipasangkan di dua arah berbeda sehingga memberi tampilan seperti memantul di cermin. Apapun arah yang kita pilih, usahakan lubang tali sepatu berjumlah lebih dari empat. Ini akan membuat tutorial tali sepatu diagonal modern tampak semakin menarik.

 

  1. Straight Bar

Kesan quirky dapat pula ditunjukkan dari ikatan tali sepatu. Salah satunya melalui gaya straight bar. Gaya ini terbilang fleksibel karena dapat digunakan di semua jenis sepatu, baik ikatan tali sepatu terbuka maupun tertutup. Straight bar cocok digunakan baik untuk tampilan casual maupun formal. Jika gaya diagonal membutuhkan lebih dari empat lubang tali, maka gaya straight bar ini bisa digunakan di beragam jumlah lubang sepatu namun tampilannya akan tetap keren.

 

Itulah beberapa cara tali sepatu yang bisa kita lakukan. Mulai dari gaya yang terkesan casual dan biasa saja sampai dengan tampilan quirky yang tidak biasa. Kita bisa mencobanya agar penampilan tampak berbeda dari biasanya. Penggunaan gaya tali sepatu ini juga bisa menambah kesan fashion statement yang hendak kita tonjolkan.