tanda tanda kehamilan

Tak Perlu Risau, Kenali Tanda-Tanda Kehamilan Berikut Ini

Jika anda adalah pasangan yang baru menikah, mungkin akan bertanya bagaimana tanda-tanda kehamilan pada seorang istri. Pasalnya, baru saja menikah sudah pasti belum pernah mempunyai pengalaman mengenai kehamilan ataupun peristiwa melahirkan sehingga masih sangat awam perihal mengenai seputar kehamilan.
Namun anda tidak perlu khawatir. Di bawah ini ada beberapa tanda-tanda kehamilan yang bisa membantu memberi jawaban rasa penasaran anda :

1. Tak Kunjung Haid

Dalam satu periode, biasanya satu bulan, wanita yang telah aktif dalam berhubungan sex pasti akan mendapat menstruasi atau haid sebagai tanda bahwa sel telur meluruh karena tidak dibuahi oleh sperma. Namun jika sel sperma berhasil membuahi sel telur, maka haid tidak akan datang karena telah terjadi pembentukan embrio atau bakal janin.

Inilah yang menjadi tanda awal kehamilan. Tidak adanya haid atau menstruasi pada periode atau bulan tersebut selama kurang lebih 9 bulan atau hingga bayi dilahirkan.

2. Payudara Sedikit Membengkak

Tanda-tanda kehamilan selanjutnya adalah payudara sedikit membengkak dan mengeras. Biasanya akan terasa sakit saat tersenggol ataupun hanya memakai bra saja. Tak hanya payudara. Putingnya pun akan terasa sedikit nyeri ketika terjadi gesekan. Mengapa demikian? Payudara yang sedikit membengkak dan mengeras ini sebagai tanda adanya persiapan pembentukan kelenjar ASI sebagai bahan makanan bayi ketika lahir nanti.

3. Adanya Bercak Darah pada Vagina

Tidak banyak yang tahu bahwa adanya bercak darah pada vagina adalah tanda-tanda kehamilan 1 minggu. Banyak yang mengira bahwa bercak darah ini sebagai tanda awal menstruasi. Bedanya, jika bercak darah awal menstruasi akan diikuti oleh keluar darah lebih banyak lagi keesokan harinya, tapi bercak darah tanda-tanda kehamilan akan langsung berhenti dan tidak diikuti oleh keluarnya darah yang lebih banyak.

Baca Juga :  Ketahui Pelembab Wajah Pria yang Baik untuk Atasi Kulit Kering

Bercak darah kehamilan ini diakibatkan oleh menempelnya embrio pada dinding rahim sehingga menyebakan gesekan pada permukaan rahim dan menimbulkan bercak darah ringan yang terlihat hanya seperti flek saja. Sehingga anda tidak perlu menggunakan pembalut untuk menampung darah yang keluar.

tanda tanda hamil
tanda tanda hamil

4. Mual dan Muntah

Biasa disebut dengan morning sickness. Sekalipun disebut dengan morning sickness, mual dan muntah tidak hanya terjadi di pagi hari saja. Bisa terjadi di siang, sore, atau bahkan malam hari.
Mual dan muntah ini terjadi karena adanya reaksi perubahan hormon yang terjadi pada tubuh ibu hamil. Embrio yang menempel pada rahim dideteksi tubuh sebagai makhluk asing dimana tubuh akan bereaksi dengan merubah hormon yang menjadikan rasa mual dan muntah.

5. Rasa Cepat Lelah

Tanda-tanda kehamilan 1 bulan lainnya adalah tubuh yang mulai terasa cepat lelah, lemah, lesu dan sedikit emosian. Ini terjadi sebagai salah satu reaksi perubahan hormon yang ada dalam tubuh ibu hamil. Dengan adanya pasokan darah yang lebih banyak ke rahim untuk mengirimkan sari makanan pada janin, mengharuskan jantung lebih cepat memompa darah sehingga ibu hamil muda akan terasa lebih cepat lelah.

6. Muncul Garis 2 pada Tespack

Ini adalah tanda-tanda kehamilan yang terakhir. Munculnya garis 2 pada tespack atau alat tes kehamilan mandiri. Garis 2 ini menandakan adanya hormon HCG atau hormon kehamilan yang terdeteksi dalam tubuh. Sekalipun hanya garis tipis, sudah bisa digunakan untuk mengambil kesimpulan bahwa adanya hormon kehamilan yang ditemukan pada tubuh wanita.

Nah, itu dia 6 tanda kehamilan yang bisa anda deteksi secara mandiri. Jika anda merasakan ada 6 tanda di atas, segeralah untuk menghubungi bidan atau dokter terdekat untuk mendapat suplai vitamin yang mendukung tumbuh kembang janin.

Baca Juga :  Curiga Hamil Muda? Berikut Tanda-Tandanya