kjp plus

Tahukah Kamu Apa Itu KJP Plus? Selengkapnya Baca Artikel Ini!

KJP Plus merupakan kependekan dari Kartu Jakarta Pintar Plus. KJP Plus merupakan salah satu program pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk memberikan akses bagi warga DKI yang kurang mampu untuk bisa mengenyam pendidikan hingga bangku Sekolah Menengah Atas. Secara penuh bagi masyarakat yang memiliki KJP Plus ini akan dibiayai secara penuh oleh Pemprov DKI dari dana APBD DKI Jakarta. Tentunya hal ini sangat membantu untuk para warga DKI yang kurang mampu dapat menamatkan pendidikan anak-anaknya hingga bangku SMA\SMK

kjp plus

Ada banyak manfaat bagi para pemegang KJP Plus. Manfaat tersebut antara lain:

– Dapat mencegah anak didik dari kemungkinan putus sekolah karena kondisi ekonomi keluarga yang kurang mampu.

– Dapat meningkatkan pencapaian target angka partisipasi kasar pendidikan dasar dan menengah.

– Meringankan biaya operasional pendidikan.

– Menjadi salah satu program yang mendukung Pendidikan Mengan yaitu wajib belajar 12 Tahun.

– Mampu meningkatkan kesiapan siswa yang menempuh pendidikan menengah atas untuk memasuki pasar kerja ataupun melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

 

Kriteria siswa yang yang berhak mendapatkan KJP Plus ini tentunya sudah disesuaikan dengan kriteria Pemerintah Provinsi DKI. Hal utama jelas masalah ekonomi yang mana orang tua anak yang mendapatkan KJP Plus ini berpenghasilan rendah sehingga tidak mampu memadai kebutuhan dasar pendidikan. Perlu diketahui bahwa kebutuhan dasar pendidikan antara lain kebutuhan seragam, kebutuhan sepatu, kebutuhan tas sekolah, biaya transportasi, serta kebutuhan makan selama di sekolah.

kjp plus

Menurut informasi dari website resmi Kartu Jakarta Pintar, berikut persyaratan secara administrasi agar bisa mendapatkan KJP Plus.

  1. Warga DKI Jakarta yang dapat dibuktikan dengan Kartu Keluarga atau surat keterangan lain yang bisa dipertanggungjawabkan.
  2. Membuat surat pertanyaan berasal dari keluarga tidak mampu yang tentunya diketahui oleh orang tua, ketua RT, RW, hingga kelurahan.
  3. Siswa yang ingin mendapatkan KJP Plus harus terdaftar dan masih aktif di salah satu satuan pendidikan Provinsi DKI Jakarta
  4. Di usulkan oleh sekolah yang tentunya telah di tandatangani oleh Kepala Sekolah, Kepala Satuan Pelaksana Pendidikan Kecamatan setempat yang selanjutnya diajukan ke Suku Dinas Pendidikan wilayah setempat.
  5. Keluarga terdaftar dalam BDT
Baca Juga :  HFIS BPJS dan Pcare, Dua Kemudahan bagi Pelayanan Kesehatan di Indonesia

 

Setelah mengetahui persyaratan guna mendapatkan KJP Plus, berikut besaran dana atau hal yang bisa didapat bagi para pemegang KJP Plus.

– Setiap bulannya pemegang kartu KJP akan mendapatkan alokasi dana yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan. Untuk jenjang pendidikan setara Sekolah Dasar akan mendapatkan alokasi Rp 250.000, setara SMP mendapatkan alokasi Rp 300.000, SMA mendapatkan alokasi sebesar Rp 420.000, SMK mendapatkan alokasi Rp 450.000 serta PKBM mendapatkan alokasi sebesar Rp 300.000.

– Bagi yang bersekolah di Sekolah Negeri maka SPP akan digratiskan. Namun ada kebijakan tambahan jika pemegang kartu bersekolah di sekolah Swasta. SPP swasta akan autodebet dari rekening siswa ke rekening sekolah. Jika SPP siswa masih di bawah jumlah alokasi, maka sisanya menjadi hak siswa. Besaran SPP untuk sekolah swasta setara SD adalah Rp 130.000, setara SMP adalah Rp 170.000, SMA adalah Rp 290.000, dan SMK adalah Rp 240.000.

Nah itu dia tadi sedikit gambaran mengenai Kartu Jakarta Pintar yang merupakan program kerja dari Pemerintah Provinsi DKI. Tentunya program ini ditujukan untuk masyarakat DKI Jakarta yang benar-benar kurang mampu dari segi ekonomi. Mereka yang memegang KJP Plus akan merasa terbantu di bidang pendidikan.