Suka Dekorasi Rumah? Ini Dia Jenis Mata Bor dan Mesin Bor yang Wajib Kamu Ketahui

Keberadaan perkakas di rumah sangat penting dan berguna seperti untuk mereparasi sesuatu atau membuat barang-barang baru. Jenis dan fungsinya juga beraneka macam, ada gergaji untuk memotong kayu, palu untuk memukul paku, dan linggis untuk melubangi dinding. Perkembangan teknologi telah menjadikan perkakas-perkakas itu menjelma jadi alat yang ramah untuk digunakan. Gergaji mesin mudah didapatkan; penembak paku dapat dibeli di banyak gerai; dan linggis bertranformasi jadi mesin bor yang tidak perlu menghabiskan banyak tenaga ketika menggunakannya.

Soal barang terakhir yang disebut, ternyata punya beragam mata bor dan banyak jenis yang akan memudahkanmu mereparasi furniture atau melakukan dekorasi ulang di rumah. Mesin bor rumahan dapat dibilang adalah penemuan paling jitu untuk membantumu melakukan kegiatan. Memang, alat itu telah jauh ditemukan dan digunakan di kalangan pekerja bangunan, namun mesin bor rumahan sangat berharga untuk kamu yang gemar melakukan banyak aktivitas terkait betul-membetulkan furniture dan buat-membuatkan barang-barang rumah tangga. Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari simak beberapa macam mata bor dan jenis mesin bor di dalam tulisan ini.  

Ada dua macam komponen utama yang akrab digunakan ketika memakai mesin bor, yakni mata bor dan mesinnya. Mata bor memiliki beragam jenis, ada 16 macam mata bor dengan fungsi dan bentuk yang berbeda. (1) Twist Bits, mata bor yang paling populer, dapat digunakan untuk membuat lubang pada kayu, plastik dan logam. Ukuran dari mata bor ini biasanya 4 – 12 mm. (2) Masonry Bits, digunakan sebagai alat untuk melubangi tembok, beton dan batu. Ujungnya terdapat pisau. jenis ini terbuat dari bahan yang mempunyai karakteristik sangat keras, sebab penggunaannya memutar dan memukul. Ukurannya 4–15 mm. (3) Spur Bits, dikenal sebagai mata bor kayu dengan ujung yang runcing dengan pisau pengiris mengelilinginya. Runcing pada ujung berfungsi untuk menghasilkan lubang presisi. Ukuran yang tersedia ialah 6-15 mm. (4) Countersink Bits, digunakan untuk melubangi kayu agar kepala sekrup punya permukaan sama rata. Ujungnya bersudut 90 derajat, gunanya untuk membuat lubang 45 derajat.  (5) Forster Bit, digunakan untuk melubangi engsel sendok. 

Setelah mengetahui jenis dan fungsi dari mata bor di atas, berikut adalah jenis-jenis mata bor lain dengan fungsi yang berbeda. Sebut saja (6) Hole Saw Bit berbentuk seperti gergaji untuk membuat lubang yang lumayan besar. (7) Metal Standar, digunakan untuk mengebor akrilik, metal, dan kuningan. (8) Auger Bit, untuk melubangi kayu dengan ukuran yang berbeda dari standar biasanya. (9) Flat Bit, seperti bentuk sebelumnya namun disarankan agar menggunakannya dengan mesin bor baterai. (10) Hinge Boring Bit, untuk membuat lubang pada kayu dengan diameter yang tidak ada pada mata bor standar. (11) Chisel Bit, untuk membuat lubang berbentuk kotak pada kayu. (12) Mortiser Bit, digunakan untuk membuat lubang geser pada kayu. (13) Router Bit, digunakan untuk membuat aneka profil pada kayu (14) Mata Bor Kaca, digunakan untuk melubangi kaca. (15) Hole Saw Metal, digunakan untuk melubangi metal dengan diameter tertentu, dan  (16) Core Drill Bit, untuk melubangi beton atau dinding marmer. 

Perlu diketahui juga, mesin bor ada dua jenis, mesin bor yang menggunakan daya baterai dan mesin bor yang memakai daya listrik langsung. Untuk area rumahan, mesin bor baterai lebih cocok karena putarannya tidak terlalu kencang. Sementara mesin bor daya listrik bisa dibilang memiliki putaran yang kencang. 

Sementara itu, ada berbagai macam jenis mesin bor yaitu mesin bor tangan, mesin bor meja, mesin bor berporos, mesin bor tegak, mesin bor koordinat, dan mesin bor radial. Mesin bor yang biasa digunakan di area rumahan adalah mesin bor tangan dan mesin bor meja. Keduanya mudah dan praktis untuk digunakan. Soal harga mesin bor di sini tidaklah terlalu mahal dibanding tenaga yang harus kita keluarkan apabila melubangi medium tertentu secara manual. 

 

Baca Juga :  4 Kulkas Polytron Kesayangan Kantong