soto

Ini Daftar 6 Soto Khas Nusantara Yang Wajib Kamu Coba!

 

Salah satu makanan khas Indonesia yang dengan mudah ditemui adalah soto. Uniknya, soto di setiap daerah memiliki ciri khas dan cita rasa masing-masing. Sehingga, jika kamu menemui tempat makan yang berjualan soto di suatu daerah, jangan berekspektasi bila akan disajikan soto yang sama dengan yang kamu inginkan. Soto ini ada yang berbahan ayam, daging sapi bahkan juga jeroan sapi. Penasaran dengan berbagai soto yang ada di Indonesia? Yuk kenalan dengan aneka soto khas Nusantara.

Ini Daftar 6 Soto Khas Nusantara Yang Wajib Kamu Coba!

Soto Lamongan

Soto Lamongan ini seperti namanya, lazim ditemui di Jawa Timur. Soto ayam Lamongan memiliki cita rasa asin gurih dengan warna kuah kuning yang pekat karena menggunakan aneka bumbu rempah. Ciri khas penyajian soto ini menggunakan bubuk koya. Bubuk koya ini terbuat dari kerupuk udang yang dihaluskan menjadi serbuk dan dicampur dengan bawang goreng. Penambahan bubuk koya ini semakin menambah gurih rasa soto ayamnya. Namun jika terlalu banyak dicampurkan ke dalam kuah soto, maka kuah akan mengental.

soto

Soto Kudus

Soto dari daerah Kudus, Jawa Tengah juga lumayan terkenal. Soto Kudus ini disajikan dalam mangkok yang berukuran kecil yang berisikan suwiran ayam dan juga taoge. Kuahnya cenderung bening sehingga terasa segar saat dinikmati. Meski lazimnya berasal dari ayam, namun tidak sedikit penjual soto Kudus yang menggunakan daging kerbau. Sebagai pelengkap, biasanya disediakan sate puyuh dan juga perkedel untuk pendamping soto Kudus ini.

Soto Madura

Meski sama sama berasal dari Jawa Timur, nyatanya soto Madura berbeda dengan soto Lamongan. Memang warna kuah soto Madura ini mirip dengan soto Lamongan namun cita rasanya berbeda. Hal ini dikarenakan soto Madura menggunakan jerohan sapi sebagai isian dan kaldunya. Isi jeroan sapi ini sangat beragam, mulai dari babat, usus, paru paru hingga otak sapi. Sebagai pelengkap, biasanya juga ditambahkan telur ayam rebus. Sangat nikmat untuk disantap di pagi hari dengan sepiring nasi putih hangat.

Baca Juga :  5 Daftar Aplikasi untuk Cari Tempat Makan Terdekat

Soto Mie Bogor

Sedikit berbeda dengan soto kebanyakan, soto mie Bogor menggunakan isian mie kuning untuk pelengkap sajiannya. Isi soto mie Bogor pun beragam, mulai dari kikil sapi,  babat maupun juga daging dan jeroan sapi lainnya. Ciri khas soto mie Bogor adalah adanya penambahan risol bihun yang digoreng kering dan dimasukkan ke mangkok untuk pelengkap sajian soto ini. Kemudian, pelengkap lainnya, soto ini dimakan dengan acar timun bawang yang segar dan juga emping belinjo.

Soto Banjar

Berlanjut ke soto dari Kalimantan, ada soto Banjar. Soto khas Kalimantan Selatan ini memiliki kuah yang terbuat dari santan atau susu sapi sehingga kuahnya berwarna putih. Resep soto ayam khas Banjar ini diracik dengan rempah khas Indonesia seperti kayu manis, pala, cengkeh, dan juga bunga lawang sehingga menghasilkan aroma wangi rempah yang menggugah selera. Soto ini disajikan dengan suwiran ayam, telur rebus dan juga perkedel kentang.

soto

Coto Makassar

Beralih ke soto khas Sulawesi, ada yang namanya Coto Makassar. Coto Makassar ini berisikan jeroan dan daging sapi yang diolah menggunakan rempah rempah pilihan. Rasanya gurih dan kuahnya cenderung kental. Penyajian coto Makassar ini biasanya menggunakan buras. Buras ini adalah beras yang dimasak dengan santan dan dibungkus dengan daun pisang, mirip lontong namun berbeda  bentuk dan rasa. Buras lebih gurih karena menggunakan santan dan berbentuk persegi panjang pipih.

Itu dia beberapa jenis soto yang ada Indonesia. Namun sebenarnya, masih ada banyak jenis soto khas Nusantara yang belum diulas di sini. Nah, yang mana yang sudah pernah Anda coba?