onde onde

Onde Mande, Resep Onde Onde Ketawa Renyah!

Benarkah onde onde berasal dari Indonesia? Ya, kue yang berbentuk bulat yang ditempelkan wijen di keseluruhannya dan biasanya berisi adonan kacang hijau yang dihaluskan. Tentunya sudah tidak asing bukan? Karena sangat mudah ditemui di daerah Jawa, banyak juga yang mengatakan bahwa onde-onde berasal dari wilayah Mojokerto, benarkah begitu?

Jajanan ini banyak kita jumpai dipasar, di toko kue, hingga penjaja jajanan di jalanan. Rasanya yang nikmat tentu banyak disukai dari mulai anak anak, dewasa hingga orangtua. Jadi memang sangat cocok untuk suguhan di mana pun.

onde onde

Namun benar tidak ya, kalau kue ini berasal dari Indonesia? Setelah ditelusuri, ternyata asal kue yang bertabur wijen ini sudah ada sejak Dinasti Zhou di China, bahkan saat sebelum masehi.

Ketika itu onde-onde dibuat sebagai suguhan atau sebagai makanan para tukang batu dan juga tukang kayu yang sedang membangun istana.

Dalam hal ini, kue onde-onde ini memiliki lambang dari keselamatan dan kebersamaan.

Onde mande!

Apalagi di zaman sekarang yang sudah banyak berkembang teknologi dan inovasi. Hingga untuk memodifikasi onde-onde agar lebih menarik dan memiliki nilai jual lebih tinggi juga dapat dilakoni para pengusaha kuliner.

Misalnya saja dengan mengubah variannya menjadi lebih bermacam-macam. Jika sebagian besar dari resep onde onde adalah berisikan kacang hijau tumbuk, maka saat ini sudah banyak dan muncul varian dengan isi keju, coklat, kacang merah, ataupun yang lainnya.

Variasi isi dan kulitnya dapat dimodifikasi. Seperti yang terbuat dari tepung gandum, tepung ketan, hingga dengan penambahan campuran kentang kukus yang lembut.

Dan, yang lebih menggembirakan lagi, ada yang disebut dengan onde-onde ketawa loh. Hingga terkadang orang yang ingin memakannya tak sadar tersenyum ketawa hingga ngakak melihat bentuk onde-onde yang tidak seperti biasanya bulat-bulat.

Baca Juga :  Antara Lezat dan Sehat, Ketahui Jenis Minyak Goreng yang Mampu Membuat Keduanya Seimbang

Mungkin saja Anda bosan dengan rasa onde-onde yang dijual atau bahkan penasaran dengan pembuatan onde-onde ketawa. Tidakkah Anda ingin mencobanya di rumah sebagai peningkatan skill memasak Anda?

Yuk kita simak cara membuat onde onde ketawa yang enak dan juga renyah! Namun, kali ini tanpa isian ya.

onde onde

Bahan bahan untuk  membuat onde-onde ketawa

Onde Mande, Resep Onde Onde Ketawa Renyah!

  1. Siapkan tepun terigu serbaguna sebanyak 500 gram
  2. Siapkan pula gula pasir 100 gram
  3. 2 butir telur ayam
  4. Sisihkan 3 sdm margarin menurut selera (bisa dengan blue band cake & cookie)
  5. 1 ½ sendok teh baking powder
  6. ½ sendok teh soda kue
  7. garam dan juga vanilli secukupnya
  8. Air dingin
  9. Minyak untuk menggoreng
  10. dan juga wijen untuk taburan.

Dengan bahan-bahan pembuatan onde-onde tersebut tentunya dapat kita temui dengan mudah di sekitar. Langsung saja kita eksekusi cara membuat onde onde ketawa yang super renyah ini!

Onde Mande, Resep Onde Onde Ketawa Renyah!

  • Langkah pertama

Ayak dahulu tepung terigu yang sudah disiapkan agar nantinya tidak menggumpal. Kemudian campurkan tepung terigu tersebut dengan soda kue, baking powder, vanilli, dan juga garam. Aduk hingga tercampur rata. Lalu sisihkan dahulu

  • Langkah kedua

Dalam wadah yang berbeda, Anda dapat mengocok margarin dengan gula dengan bantuan mixer agar lebih tercampur rata. Kemudian masukkan telur, dan kocok kembali hingga rata semuanya.

  • Langkah ketiga

Dari masing masing adonan tadi, campurkan keduanya secara perlahan, lalu uleni hingga kalis hingga adonan dapat dibentuk. Ambil adonan, lalu bulatkan.

Usahakan tidak terlalu banyak atau sedikit agar adonan dapat matang dengan sempurna ketika digoreng.

  • Langkah keempat

Setelah selesai membulatkan, oleskan air dingin pada permukaan onde-onde, kemudian gulingkan ke adonan wijen. Inti dari bentuknya yang ketawa adalah membelah adonan menjadi empat bagian.

  • Langkah kelima

Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Setelah panas, masukkan onde-onde hingga mekar dan berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

Baca Juga :  Cara Merayakan Idul Fitri di Rumah Saja Tanpa Kehilangan Maknanya

Onde mande, Onde Onde Ketawa Ngakak sudah siap untuk dinikmati!