daun bidara

Manfaat Daun Bidara yang Penting untuk Kesehatan Tubuh

Pernahkah kamu mendengar nama daun bidara? Mungkin ada di antara kamu yang belum mengetahui daun bidara itu. Padahal banyak sekali lho khasiat daun bidara itu sendiri. Daun bidara memiliki nama latin Ziziphus Mauritiana. Secara kasat mata tumbuhan ini menyerupai semak belukar. Tanaman bidara memiliki banyak cabang dan memiliki duri pada batang tanamannya. Daunnya berbentuk elips dan berwarna hijau mengkilap. Tanaman bidara mampu bertahan di tempat yang cenderung kering dan sedikit curah hujan.

daun bidara

Menurut kepercayaan orang muslim, Daun bidara ternyata dipercaya mampu mengusir jin dan makhluk halus lainnya. Kamu boleh mempercayainya ataupun tidak. Namun di sini kami tidak akan membahas lebih lanjut mengenai kepercayaan tersebut. Terlepas dari kepercayaan tersebut, manfaat daun bidara sangat banyak untuk kesehatan. Untuk lebih detailnya, yuk kita ikuti pembahasan kali ini.

4 Manfaat Daun Bidara yang Penting untuk Kesehatan Tubuh

  1. Mengobati Jerawat

Siapa sih yang menginginkan adanya jerawat di wajah? Tentu tidak ada yang menginginkannya bukan? Namun terkadang tiba-tiba saja jerawat muncul yang terkadang membuat risih karena mengganggu penampilan. Daun bidara ternyata mampu mengobati jerawat yang mengganggu itu. Kamu cukup ambil beberapa lembar daun bidara kemudian ditumbuk sampai halus.

Setelah itu tambahkan sedikit air dan campur hingga agak mengental. Kamu cukup mengoleskannya pada wajah layaknya menggunakan masker. Diamkan hingga 15-20 menit. Setelah itu cuci bersih wajah tanpa menggunakan sabun. Untuk jerawat yang membandel, menggunakan masker daun bidara bisa dilakukan selama 2 bulan dengan frekuensi 3 kali dalam seminggu. Selamat mencoba.

 

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Selain mampu mengobati jerawat, daun bidara juga mampu mengobati luka. Jika terdapat luka lecet ataupun tergores akibat jatuh, daun bidara terbukti mampu mempercepat penyembuhan luka tersebut. Hal ini dikarenakan daun bidara mengandung senyawa anti inflamasi yang berfungsi membuat luka cepat sembuh. Untuk tujuan penyembuhan luka, pilihlah daun bidara yang sudah kering atau kamu perlu mengeringkan daun bidara yang masih hijau. Tumbuk daun bidara kering hingga menjadi bubuk. Kemudian ketika akan digunakan pada luka, cukup tambahkan sedikit air hingga menjadi pasta. Lalu oleskanlah pada luka.

Baca Juga :  5 Film Komedi Terbaik Indonesia untuk Menemani Work From Home

daun bidara

  1. Meringankan Luka Bakar

Luka bakar berbeda dengan luka lecet atau gores. Namun keduanya mampu dipulihkan dengan daun bidara. Hanya saja untuk mengobati luka bakar, diperlukan daun bidara yang masih segar karena mampu memberikan efek dingin pada kulit yang mengalami luka bakar. Selain itu dengan menggunakan daun bidara pada luka bakar, maka akan membantu mencegah bekas luka bakar pada kulit. Hal ini dikarenakan senyawa yang terkandung dalam daun bidara tersebut. Sungguh menakjubkan bukan?

  1. Mengatasi keputihan dan haid tidak lancar pada wanita

Manfaat daun bidara yang lainnya adalah berkaitan dengan masalah kewanitaan. Bagi yang memiliki keluhan datang bulan tidak lancar, daun bidara bisa mengatasinya. Pasalnya Daun bidara memiliki kandungan senyawa yang mampu membuat hormon seimbang. Selain itu untuk yang memiliki masalah keputihan, lagi-lagi daun bidara bisa menjadi solusi. Daun bidara mampu menghilangkan jamur yang ada di dalam miss V. Jamur inilah yang menyebabkan keputihan yang mengganggu kesehatan tubuh.

Nah itulah tadi beberapa khasiat daun bidara. Jadi tidak ada salahnya mencoba membudidayakan daun bidara barangkali sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengatasi masalah jerawat, mengobati luka, atau untuk mengatasi hal-hal yang berhubungan dengan kewanitaan. Merawat daun bidara juga tergolong mudah, jadi yuk memanfaatkan kelebihan daun bidara.