e-Filing Pajak: Fasilitas yang Memudahkan Pelaporan Pajak secara Online

Tahukah kamu apa itu e-filing pajak? Bagi kamu yang sudah terbiasa melaporkan pajak setiap tahunnya mungkin tidak asing lagi dengan e-filing pajak. Namun bagi kamu yang belum terbiasa terlebih baru pertama kali akan melaporkan Pajak mungkin masih asing dengan e-filling pajak. e-filling pajak adalah layanan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak berupa website yang bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Melalui e-filling, wajib pajak bisa melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) secara elektronik tanpa perlu datang ke kantor pajak.

Layanan e-filling ini bisa diakses melalui website resmi Direktorat Jenderal Pajak yang saat ini sudah terintegrasi dengan layanan pajak yang lainnya dalam satu portal website yaitu https://djponline.pajak.go.id Dengan satu portal yang diberikan DJP tentunya akan semakin memudahkan masyarakat yang ingin menggunakan layanan online dari Direktorat Jenderal Pajak. Setelah masuk ke dalam website DJP online, tentunya kamu perlu login terlebih dahulu untuk bisa sampai ke e-filling. Jika belum terdaftar kamu bisa melakukan registrasi terlebih dahulu dengan NPWP, NIK dan beberapa informasi lainnya.

Setelah berhasil masuk di website DJP Online, kemudian pilihlah e-filling. Melalui E-filling sebagai wajib pajak kamu bisa menyampaikan laporan SPT Tahunan. Bagi kamu wajib pajak perorangan atau pribadi kamu bisa melaporkan PPH Orang pribadi yaitu 1770, 1770S, atau 1770S. Sedangkan untuk wajib pajak berupa badan formulir yang bisa dilaporkan adalah 1771.

Tentunya untuk mengetahui formulir apa yang bisa kamu gunakan, untuk wajib pajak perorangan yang bekerja di perusahaan biasanya sudah mendapatkan SPT dari perusahaan dan tinggal dilaporkan saja di e-filling.

Untuk jenis SPT 1770SS dan 1770S, akan disediakan formulir langsung pada e-filling. Dengan formulir ini tentunya akan memudahkan kamu untuk melaporkan pajak kamu. Selain itu untuk kedua jenis formulir tersebut, kamu bisa memilih melaporkan dengan petunjuk untuk semakin lebih mudahnya. Kamu tinggal ikuti arahan dari formulir yang tersedia. Sedangkan untuk jenis SPT 1770 dan 1771, E-filling di DJP Online menyediakan fitur untuk penyampaian SPT dengan cara di unggah SPT. Sebelumnya SPT untuk jenis 1770 dan 1771 dibuat terlebih dahulu melalui aplikasi e-SPT ataupun e-Form yang sudah terdapat di portal DJP Online.

Baca Juga :  HFIS BPJS dan Pcare, Dua Kemudahan bagi Pelayanan Kesehatan di Indonesia

Setelah kamu mengetahui gambaran tentang e-filling, selanjutnya adalah cara lapor SPT Menggunakan e-filling yang begitu mudah. Seperti informasi sebelumnya jika kamu sudah masuk ke menu e-filling di dalam DJP Online kamu tinggal pilih membuat SPT untuk melaporkan pajak tahunan kamu.

Setelah itu akan ada beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab, seperti apakah kamu memiliki usaha atau tidak, apakah kamu suami atau istri yang pisah harta atau tidak, dan apakah penghasilan kamu dalam setahun kurang lebih dari 60 juta atau tidak. Pilihlah jawaban sesuai dengan keadaan kamu. Jawaban ini akan mempengaruhi formulir apa yang harus kamu isi.

Setelah beberapa pertanyaan kamu pilih jawabannya kamu akan dihadapkan pada formulir e-Filling yang harus kamu isi. Pilihkan mengisi formulir dengan petunjuk untuk memudahkan kamu. Setelah semua formulir kamu isi, kamu akan diminta memasukkan kode. Kode ini bisa kamu dapatkan melalui email atapun SMS ke nomor handphone kamu. Setelah itu pilih kirim dan kamu sudah berhasil melaporkan pajak tahunan kamu.

Nah itu dia beberapa informasi mengenai E-filling yang merupakan layanan yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Melalui e-filling, penyampaian atau pelaporan pajak kamu setiap tahunnya akan semakin mudah. Tentunya kamu tidak perlu mengantre lagi di kantor pajak yang terkadang membutuhkan waktu hingga berjam-jam.