Doa Buka Puasa Sahih dan Sunah dalam Berbuka Puasa

Kehadiran Ramadan tentu menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Saat Ramadan kita akan mengerjakan ibadah puasa, yakni salah satu rukun Islam. Ibadah puasa juga disertai syarat sah dan rukun puasa sesuai dengan syariat Al Quran dan Hadist Nabi. Puasa dimulai dengan melakukan sunah sahur dan diakhiri dengan buka puasa. Adapun ketika sahur kita mengucapkan niat puasa, ketika masuk waktu berbuka, kita kan membaca doa buka puasa. Doa buka puasa sendiri ada 4 versi loh. Kamu termasuk hafal yang versi mana?

Adapun doa buka puasa yang sahih adalah berikut ini

Doa buka puasa ini diriwayatkan dari Ibnu Umar Ra bahwa Rasulullah ketika berbuka puasa beliau mengucapkan:

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah”.

Adapun arti dari doa buka puasa ini adalah “Telah hilang rasa haus, telah basah urat-urat, dan telah pasti ganjaran, dengan kehendak Allah Ta’ala.” (HR.Abu Dawud, Daruquthni, Hakim, dan Nasa’i).

Tenang, doa puasa yang selama ini kamu hafal itu juga termasuk ke dalam doa buka puasa versi lain. Doa buka puasa ini yang sepertinya paling kamu hafal karena sudah diajarkan sejak kecil  sebagai berikut:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wa bika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin”.

Arti dari doa buka puasa di atas adalah “Ya Allah, untukMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, dan atas rezekiMu aku berbuka, dengan rahmatMu, Ya Allah yang Maha Pengasih”.

Walaupun paling sering didengar dan dihafal, ternyata doa ini bukan bersumber dari Hadist Nabi Muhammad SAW. Doa ini adalah doa buka puasa yang dirumuskan oleh para alim ulama.

Baca Juga :  Ketahui Pelembab Wajah Pria yang Baik untuk Atasi Kulit Kering

Selain mengucapkan doa buka puasa, ada beberapa sunah buka puasa yang baik untuk kamu amalkan dalam menyempurnakan ibadah puasamu. Berikut adalah beberapa sunah buka puasa yang dianjurkan dalam berbagai Hadist Nabi Muhammad SAW

  1. Menyegerakan untuk berbuka puasa

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita untuk menyegerakan berbuka puasa saat sudah waktunya atau saat azan magrib berkumandang. Seorang yang baik amalannya bukan dilihat dari lamanya dia sanggup berpuasa, melainkan dari apabila ia menyegerakan berbuka sesuai anjuran Rasulullah SAW. Allah bahkan sangat mencintai orang-orang yang segera berbuka. Jika kamu sedang berkendara, ada baiknya kamu sudah menyediakan air minum atau kurma untuk membatalkan puasamu. Tepikanlah kendaraanmu kemudian berbukalah.

  1. Berbuka dengan kurma atau air putih

Nabi Muhammad SAW diketahui menjadikan kurma sebagai salah satu makanan untuk membatalkan puasa. Beliau berbuka dengan ruthab atau kurma basah sebelum menunaikan salat magrib. Kalau tidak menemukan ruthab, beliau akan berbuka dengan tamr atau kurma kering. Kalau tidak juga menemukan keduanya, Rasulullah SAW akan berbuka dengan seteguk air putih.

  1. Berdoa saat berbuka puasa

Salah satu yang menyempurnakan niat buka puasa adalah dengan berdoa sebelum berbuka puasa. Adapun doa buka puasa yang sahih seperti yang telah dijelaskan sebelumnya di atas. Jika kamu belum hafal, yuk kita hafalkan mulai sekarang agar keberkahan senantiasa menemani ibadah puasa kita!

  1. Tidak berlebihan saat berbuka

Banyak di antara kita yang lapar mata saat berbuka puasa atau ingin makan semua makanan yang ada saat waktu berbuka tiba. Padahal Rasulullah mencontohkan kepada kita untuk berbuka secukupnya saja. Dianjurkan sepertiga perut untuk makanan, sepertiga bagian perut untuk minuman, dan sepertiga sisanya untuk bernafas.

Baca Juga :  6 Vitamin Terbaik Tahun 2020 untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh