tanda tanda hamil muda

Curiga Hamil Muda? Berikut Tanda-Tandanya

Bisa langsung mendapatkan kehamilan adalah harapan sebagian besar pengantin baru. Namun sayangnya ketidaktahuan mengenai tanda-tanda hamil muda acap kali membuat abai sehingga berujung pada abortus atau keguguran sebelum dinyatakan hamil karena tidak menjaga kandungan dengan sebaik mungkin.

Nah, jika ini tidak mau terjadi pada diri anda, sebaiknya kenali beberapa tanda-tanda hamil muda berikut ini :

1. Mual Muntah

Jika anda mempunyai riwayat asam lambung yang cepat naik, mungkin akan sulit mengenali tanda hamil muda sebelum telat haid yang satu ini. Ketika anda merasa mual dan muntah karena hamil, pasti anda akan berkesimpulan bahwa asam lambung sedang naik.
Namun ketika anda telah mengonsumsi obat penurun asam lambung tapi mual dan muntah tidak berhenti, bisa jadi ini adalah salah satu tanda kehamilan. Cobalah untuk melakukan tes kehamilan mandiri dengan tespack yang dijual bebas di apotek.

2. Emosi yang Naik Turun

Salah satu tanda-tanda hamil muda adalah emosi yang tidak stabil atau naik turun. Misalnya tiba-tiba anda menangis tanpa sebab. Ini terjadi karena adanya lonjakan hormon estrogen dan progresteron yang ada dalam tubuh akan mempengaruhi tingkat emosi seorang wanita.

3. Suka dengan Makanan yang Asam

Mungkin anda akan bertanya. Kenapa tiba-tiba mulut terasa pahit dan ingin makan makanan yang terasa asam atau asin untuk menetralkannya. Atau tiba-tiba ingin makan makanan tertentu yang harus ada saat itu juga. Jika itu sekarang anda rasakan, bisa jadi ini adalah tanda-tanda hamil muda. Meningkatnya hormon estrogen dan progresteron akan membuat beberapa perubahan pada tubuh. Salah satunya adalah perubahan indera pengecap yang akan terasa lebih pahit dan butuh penetral seperti jenis-jenis makanan tertentu.

Baca Juga :  Tak Perlu Risau, Kenali Tanda-Tanda Kehamilan Berikut Ini
tanda tanda hamil muda
tanda tanda hamil muda

4. Cepat Lelah

Naik tangga cepat lelah? Atau baru jalan beberapa meter cepat lelah? Jika ini anda rasakan, mungkin sekarang anda sedang berada pada fase hamil muda. Gerakan jantung yang lebih cepat bergerak untuk memompa darah dan menyuplai darah ke rahim akan membuat anda terasa cepat ngos-ngosan meskipun hanya melakukan aktifitas ringan.
Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya jangan terlalu banyak melakukan aktivitas berat terlebih dahulu. Perbanyak istirahat dan minum air putih. Hanya untuk berjaga-jaga kalau ini adalah salah satu tanda-tanda hamil muda.

5. Perubahan Bentuk Tubuh

Selain merasakan mual dan muntah, tanda-tanda hamil muda bisa dilihat dari bentuk tubuh seorang wanita. Perubahan bentuk tubuh terjadi pada dada, bokong dan perut. Ketiga anggota tubuh tersebut akan terlihat lebih membesar dan melebar akibat dari semakin besarnya janin yang ada dalam rahim.

Payudara yang terlihat membesar dan mengeras adalah salah satu cara tubuh untuk membentuk kelenjar asi mempersiapkan makanan bagi bayi saat dilahirkan nanti. Meskipun terasa kurang nyaman dengan segala perubahan bentuk tubuh, tapi cobalah untuk menikmatinya dengan sebaik mungkin.

6. Kram Perut

Sekalipun kram perut bisa terjadi karena banyak faktor, tapi bisa jadi kram perut yang anda rasakan adalah tanda-tanda hamil muda pada perut. Kram perut ini terjadi karena adanya penempelan embrio pada rahim. Jika anda merasa kram perut ini cukup mengganggu, cobalah untuk mengompresnya dengan air hangat. Lalu posisikan duduk atau terlentang dengan nyaman agar kram perut tersebut bisa berkurang.

Bagaimana? Anda sudah paham? Jika keenam tanda-tanda hamil muda di atas anda rasakan, cobalah untuk segera melakukan cek kehamilan mandiri dengan tespack yang bisa anda beli di apotek terdekat.

Baca Juga :  Cara Merayakan Idul Fitri di Rumah Saja Tanpa Kehilangan Maknanya