6 Vitamin Terbaik Tahun 2020 untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Begitu banyak suplemen yang mengeklaim dirinya sebagai vitamin terbaik yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Namun pada dasarnya, setiap multivitamin dan mineral memiliki perbedaan kandungan, bahan, harga, juga dosis konsumsi antara satu dengan yang lainnya. Vitamin terbaik yang banyak beredar di pasaran tidak bisa sembarangan dipilih. Anda harus memilih suplemen vitamin berdasarkan kebutuhan harian Anda.

Bagaimana cara memilih vitamin yang baik?

Jika Anda termasuk yang malas mengonsumsi sayur dan buah-buahan, tetapi memiliki banyak sekali aktivitas, pilihlah suplemen vitamin yang mengandung banyak vitamin seperti beta-karoten, vitamin C, dan E, B1, B12, dan B6 untuk menjaga metabolism tubuh.

Jika Anda banyak berkativitas pada malam hari, pilih suplemen yang banyak mengandung vitamin D mengingat Anda kekurangan paparan sinar matahari.

Sedangkan jika Anda sedang diet, pilihlah suplemen yang mengandung banyak mineral seperti kalsium, zat besi, dan magnesium. Baik juga bila Anda memilih suplemen yang mengandung zinc, tembaha, mangan, selenium, dan kromium. Kalsium berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Zat besi berguna mencegah anemia. Sedangkan magnesium akan membantu kinerja zat besi di dalam tubuh.

Jika Anda hobi melakukan olahraga seperti gym atau fitness, Anda membutuhkan suplemen yang kaya akan asam amino esensial seperti valina, triptofan, leusin, metionin, fenilalanin, lisin, treonin, histidin, dan isoleusin yang dipercaya mampu meningkatkan kinerja otot. Apalagi kesemua asam amino esensial tersebut tidak diproduksi oleh tubuh. Asam amino dipercaya membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mampu memperbaiki jaringan otot yang rusak pasca melakukan olahraga.

Anda bisa membeli suplemen vitamin baik yang berbahan alami ataupun yang berbahan sintetis. Vitamin yang berbahan alami biasanya lebih mudah diserap oleh tubuh, namun harganya cenderung mahal. Sedangkan vitamin yang berbahan sintetis biasanya berharga murah, namun kandungan nutrisinya cenderung sulit diserap oleh tubuh. Anda bisa memastikan kedua hal ini pada informasi yang tertera pada kemasan suplemen vitamin.

Baca Juga :  Tak Perlu Risau, Kenali Tanda-Tanda Kehamilan Berikut Ini

6 Vitamin Terbaik Tahun 2020 untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

 

  1. Nutrimax complete

Suplemen ini mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan bahan herbal lain yang diperlukan tubuh sepeti jahe, bawang putih, ginseng, dan royal jelly. Produ ini dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh pasca beraktivitas. Kayanya kandungan di dalamnya membuat vitamin ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan baik untuk menjaga kesehatan hati, ginjal, jantung, dan otak Anda. Anda dapat membelinya dengan harga Rp408.000 untuk 60 butir vitamin.

  1. Holisticare Ester C

Suplemen ini hadir dengan formula yang tidak membuat lambung perih karena tidak bersifat asam (memiliki pH yang cenderung netral). Vitamin ini juga rendah kalsium oksalat sehingga tidak akan mengendap di ginjal Anda. Anda bisa membelinya dengan harga Rp48.000 untuk kemasan 30 butir.

  1. Enervon C Multivitamin

Suplemen ini tergolong obat bebas, artinya Anda dapat mengonsumsinya tanpa resep dokter. Biasanya suplemen ini dikonsumsi untuk proses pemulihan pasca sakit dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  1. Airborne Vitamin C

Suplemen ini mengandung 13 vitamin, mineral, dan herbal dengan rasa buah-buahan yang nikmat. Suplemen ini hadir dengan dua varian, yakni tablet effervescent (larut dalam air) dan tablet hisap. Anda dapat membelinya dengan harga Rp84.000 untuk 10 tablet vitamin.

  1. Renovit Multivitamin dan Mineral

Terdapat 30 kapsul dalam setiap kemasannya. Anda bisa membelinya dengan harga Rp 11.000. Renovit dilengkapi dengan 12 vitamin dan 13 mineral untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda. Ibu hamil dan menyusui bisa mengonsumsi vitamin ini karena bebas gula.

  1. Kirkland Signature Daily Multivitamin

Suplemen vitamin untuk daya tahan tubuh ini berasal dari negeri paman Sam. Suplemen ini dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung, mata, tulang dan gigi. Produk ini diklaim aman dikonsumsi karena tidak mengandung pewarna, pengawet, gluten, dan perasa. Anda bisa membelinya dengan harga Rp690.000 untuk 500 tablet.

Baca Juga :  Doa Buka Puasa Sahih dan Sunah dalam Berbuka Puasa