jenis tanaman hias outdoor

5 Jenis Tanaman Hias Outdoor Tahan Panas

Tanaman hias adalah tanaman yang bisa di tanam di pekarangan rumah untuk memperindah lingkungan. Nah, dari semua jenis tanaman hias yang ada tidak semuanya cocok atau bisa tumbuh dengan baik pada habitat tertentu. Misalnya beberapa jenis tanaman hias hanya bisa tumbuh dengan baik didataran tinggi yang berhawa sejuk dan tidak akan tumbuh maksimal jika di tanam di dataran rendah yang panas. Berhubung kita berada di wilayah yang beriklim tropis dimana pada umumnya adalah daerah yang berhawa panas, ada baiknya kita memilih jenis tanaman hias yang sesuai. Untuk yang tinggal di dataran rendah dan berhawa panas sebaiknya memilih tanaman hias yang memiliki adaptasi dengan baik terhadap cuaca panas supaya tanaman bisa tumbuh sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut ini beberapa jenis tanaman hias outdoor yang cocok dan tahan terhadap cuaca panas:

1. Tanaman Hias Bougenville (Bunga Kertas)

bougenville | jenis tanaman hias outdoor
bougenville | jenis tanaman hias outdoor

Jenis tanaman hias outdoor pertama yang bisa kamu tanam di lingkungan rumahmu adalah bougenville atau bunga kertas. Bunga kertas ini memiliki beragam warna yang unik dan lebat seperti oranye, merah, pink dan juga ungu. Namun jika tanaman itu tua, batang tanaman bougenvil akan mengeras. Jenis tanaman hias bunga outdoor ini tidak membutuhkan perawatan khusus dan pemeliharaannya mudah, bisa tumbuh dengan baik dan tahan terhadap cuaca panas. Bunga kertas sangat familiar di Indonesia dan hampir ada di setiap pekarangan rumah. Beberapa jenis bougenville yang umum ditanam antara lain california gold, gold rush, after glow, bambino baby allison, bambino baby victoria, bambino baby lauren, cherry blossom, coconut ice, alexandra, barbara karst, dan bambino majik.

2. Tanaman Hias Palem

PALEM KIPAS | jenis tanaman hias outdoor
PALEM KIPAS | jenis tanaman hias outdoor

Jenis tanaman hias outdoor selanjutnya yang memiliki jenis palem biasanya berbentuk pohon, semak atau perdu dengan batang yang jarang bercabang dan tumbuh tegak ke atas. Tumbuh secara berbatang tunggal (umpamanya kelapa) dan juga ada yang berumpun (umpamanya salak). Beberapa anggotanya setengah merambat atau memanjat (umpamanya rotan). Akarnya tumbuh dari pangkal batang, berbentuk silinder, kurang bercabang tetapi biasanya tumbuh banyak dan masif (padat). Akar palem biasanya menghunjam dalam ke tanah, sehingga mampu menopang batang yang tumbuh menjulang tinggi (hingga 20m atau bahkan lebih). Tanaman palem tahan terhadap cuaca panas dan kekeringan sehingga sangat cocok untuk berada di lingkungan rumahmu.

Baca Juga :  Tak Perlu Risau, Kenali Tanda-Tanda Kehamilan Berikut Ini

3. Kaktus Centong

Kaktus Centong - jenis tanaman hias outdoor
Kaktus Centong – jenis tanaman hias outdoor

Kaktus sudah lama dikenal sebagai jenis tanaman hias outdoor tahan panas. Salah satu yang paling popular dari tanaman kaktus adalah kaktus centong. Kaktus centong atau Opuntia cochenillifera adalah sejenis kaktus tang termasuk ke dalam famili Cactaceae atau suku kaktus-kaktusan dan termasuk ke dalam genus Opuntia. Di Indonesia tumbuhan ini memang lazim disebut kaktus centong atau orang Jawa menyebutnya tentong. Namun jika di Inggris, tanaman ini disebut Warm hand dan nopal cactus. Kaktus centong masih berkerabat dekat dengan tumbuhan duri tentong, duri Cangkang, kaktus totol, kaktus sinterklas, dan kaktus lidah sapi. Batang utama kaktus centong termasuk pendek dengan diameter sampai 20 cm. Bunga tumbuhan ini tersusun secara soliter, berkembang dari areoles sepanjnag tepi atas dan tanpak memiliki banyak sepal. Mahkota bunga tumbuhan ini mempunyai banyak kelopak berwarna merah dan di dalam periantum terdapat banyak benang sari. Kelopak dan mahkota bunga menyatu membentuk sebuah hypanthium. Bagia ovarium memiliki lokus tunggal dan banyak biji. Buah dari kaktus centong termasuk buah beri berwarna merah. Kaktus centong biasa tumbuh di lahan kering, selalu hijau dengan formasi Semak belukar, pada habitat manusia tanaman ini mudah tumbuh di pekarangan dan tegalan. Tanaman ini terdistribusi hingga ke Meksiko, dan menyebar ke seluruh daerah tropis di dunia.

4. Cemara Kipas (Thuja orientalis)

cemara kipas - jenis tanaman hias outdoor
cemara kipas – jenis tanaman hias outdoor

Jenis tanaman hias outdoor selanjutnya yang bisa kamu tanam di rumahmu adalah cemara kipas. Cemara kipas dikenal juga dengan nama “Cemara Medan”. Pohon cemara ini merupakan salah satu pohon cemara yang daunnya berwarna kuning yang tumbuh menyamping. Cemara kipas sering juga digunakan sebagai pohon natal selain cemara pua-pua. Cemara ini tahan terhadap cuaca panas dan bisa tumbuh tinggi hingga beberapa meter, sehingga sangat cocok di tanam di lingkungan sekitar rumahmu.

Baca Juga :  Manfaat Daun Bidara yang Penting untuk Kesehatan Tubuh

5. Tanaman Hias Bunga Sepatu

Kembang Sepatu | jenis tanaman hias outdoor
Kembang Sepatu | jenis tanaman hias outdoor

Jenis tanaman hias outdoor terakhir yang bisa kamu tanam adalah kembang sepatu. Kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) atau bunga sepatu adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Tanaman ini cukup popular di Indonesia dan banyak di tanam oleh masyarakat Indonesia. Kelebihan bunga sepatu adalah memiliki bunga besar, berwarna merah dan tidak berbau. Bunga dari berbagai kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang berwarna putih hingga kuning, oranye hingga merah tua atau merah jambu. Bunga sepatu termasuk tanaman hias yang tahan terhadap cuaca panas.