primary care bpjs

Primary Care BPJS Kesehatan, Bukti Bahwa BPJS Terus Meningkatkan Kualitas Pelayanan

Pembaruan layanan dilakukan oleh BPJS kesehatan dalam format aplikasi yang diberi nama Primary Care BPJS Kesehatan. Web-based application ini dibuat untuk fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP), dengan pertimbangan adanya keterbatasan dalam sistem teknologi pada FKTP. Aplikasi ini sebetulnya sudah diluncurkan pada tahun 2014 silam, fungsinya terus di-update untuk menjembatani kemudahan akses antara FKTP dengan para pengguna jasa BPJS.

primary care bpjs

Primary Care BPJS Kesehatan berisikan informasi untuk memudahkan pelayanan para pasien. Dengan aplikasi ini, FKTP dimungkinkan untuk langsung mengakses data di server BPJS. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran, diagnosa, pengobatan, dan juga penggunaan fasilitas lab. Untuk mengakses aplikasi ini, Anda bisa mengunjungi https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id melalui browser perangkat Anda.

Primary Care BPJS Kesehatan, Bukti Bahwa BPJS Terus Meningkatkan Kualitas Pelayanan

 

  1. Fitur Utama

Dalam aplikasi ini, Anda akan menjumpai 5 menu utama, yaitu:

 

  • Home

Sesuai namanya, ini merupakam halaman utama dari PCare BPJS

 

  • Entry Data

Laman ini menyediakan 2 fitur, yakni pendaftaran dan pelayanan pasien. Untuk fitur pendaftaran, informasi yang perlu dimasukkan adalah tanggal pendaftaran, jenis perawatan, keluhan, data fisik pasien, tekanan darah, respiratory rate, dan heart rate. Sedangkan untuk fitur pelayanan, ada informasi mengenai riwayat penanganan medis yang pernah diterima oleh pasien.

 

  • Lihat Data

Fitur ini memiliki fungsi guna menampilkan informasi yang berhubungan dengan FKTP, mulai dari jumlah dan juga jenis kunjungan, ada juga data-data pasien terdaftar, dan yang menarik adalah fitur ini mampu menampilkan “top ten” penyakit yang sering dikeluhkan pasien di faskes yang bersangkutan.

 

  • Tools

Fitur berikutnya ini memiliki fungsi guna mengganti password. Juga untuk mengetahui data dari tenaga kerja dari FKTP bersangkutan.

Baca Juga :  Ketahui Cara Cek Sertifikat Tanah Mudah Melalui BPN Online

 

  • Log Out

Fitur ini tentunya digunakan untuk keluar dari aplikasi.

 

 

  1. Keuntungan

Setelah kita membahas mengenai fungsi dan fitur dari aplikasi ini, sekarang kita akan bahas tentang keuntungan menggunakan aplikasi ini. Kita lihat saja langsung yuk.

  • Integrasi data pasien

Aplikasi ini memungkinkan data pasien mudah diakses oleh FKTP dan/atau rumah sakit terkait. Data yang dimaksud termasuk juga rekam medis pasien, sehingga diagnosa dan penanganan pasien menjadi lebih efektif.

 

  • Kemudahan pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran, kita hanya harus meng-input nomor kepesertaan BPJS. Juga jika pasien ingin berpindah lokasi, prosesnya pun dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

 

  • Diagnosa lebih cepat

Mengapa hal ini menjadi penting? Karena pasien tak perlu melaksanakan tes atau pemeriksaan karena data medis pasien sudah dicatat melalui aplikasi ini.

 

  1. Kesimpulan

Dengan adanya aplikasi ini, data setiap pasien BPJS sudah terintegrasi ke semua faskes maupun rumah sakit yang menjadi rekanan BPJS. Bukan hanya itu, Aplikasi ini memungkinkan integrasi antara data pasien dengan FKTP maupun RS rekanan BPJS sehingga memberi kemudahan bagi pasien maupun RS jika diharuskan adanya proses rujuk dari FKTP terkait. Lengkapnya bisa dicek di https://review.bukalapak.com/finance/primary-care-bpjs-kesehatan-mempermudah-proses-rujukan-rumah-sakit-109092.

 

Bagaimana? Primary Care BPJS Kesehatan ini memberikan banyak kemudahan dan keuntungan, bukan? Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba akses dan manfaatkan fasilitas serta fitur yang disediakan oleh BPJS kesehatan tersebut agar proses pengobatan menjadi lebih cepat, tepat, dan efisien.

Selain memberikan efisiensi waktu bagi pasien (daripada harus antre dan menunggu lama di FKTP), pemanfaatan aplikasi ini juga sangat berguna bagi FKTP/Rumah Sakit demi memberikan pelayanan yang lebih efektif dan prima.

Baca Juga :  Inilah Niat Zakat Fitrah yang akan Membuatmu Semakin Fitrah di Hari Raya