BPN ONLINE 1

Ketahui Cara Cek Sertifikat Tanah Mudah Melalui BPN Online

Saat Anda mengalami masalah terkait sertifikat tanah, Anda bisa mengeceknya langsung ke BPN Online. Masalah sertifikat tanah memang sering kali terjadi terutama jika kita tidak memahami proses hukum atau kondisi fisik tanah yang beragam. Masalah yang paling sering terjadi adalah masalah sertifikat palsu dan duplikasi sertifikat asli. Sertifikat palsu atau bodong biasanya terjadi ketika penjual tanah memanipulasi sertifikat yang akan dibelinya. Sementara itu, duplikasi sertifikat biasanya terjadi ketika proses pengecekan berlangsung namun lahan yang tercantum ternyata tidak ada. Oleh karena itu, Anda dapat mengetahui keaslian sertifikat tanah dengan dua cara yaitu menggunakan jasa notaris atau menggunakan BPN online.

Ketahui Cara Cek Sertifikat Tanah Mudah Melalui BPN Online

BPN ONLINE 2

 

Peta BPN Online

Lewat BPN Online, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi tentang pertanahan secara cepat dan akurat melalui peta BPN online. Peta BPN Online ini berguna mengetahui informasi peta sebaran bidang tanah, informasi penyebaran titik transaksi jual-beli tanah, dan informasi tentang zonasi nilai tanah.

Website BPN Online

Untuk mengecek sertifikat online, Anda bisa mengakses situs resmi BPN RI www.bpn.go.id. Website ini memiliki dua layanan yaitu informasi tentang jenis layanan pertanahan beserta syarat, jangka waktu, alur proses penyelesaian, informasi biaya, serta simulasi biaya serta informasi tentang berkas permohonan.

Loket BPN Online

Cek sertifikat tanah online bisa dilakukan di beberapa kantor wilayah dan kantor pertanahan yang memiliki situs resmi yang bertindak sebagai loket BPN Online. Bahkan loket BPN Online sudah tersebar dari mulai Sabang sampai Merauke.

Cek Berkas BPN Online

Jika Anda ingin mengetahui status pengerjaan sertifikat tanah, Anda bisa mengetahuinya dengan mengakses BPN Online di https://www.atrbpn.go.id/Publikasi/Informasi-Berkas. Di link tersebut Anda bisa mengisi informasi berkas yang dicari berupa kantor wilayah BPN yang dituju, nomor urut berkas, dan tahun pengajuan. Setelah itu, Anda akan mendapatkan nama pemohon yang mengajukan pembuatan sertifikat dan alur berkas rinci.

Baca Juga :  e-Filing Pajak: Fasilitas yang Memudahkan Pelaporan Pajak secara Online

Jika Anda hanya ingin mengecek keaslian sertifikat tanah, Anda bisa langsung datang ke kantor Badan Pertanahan Nasional. Hal ini sesuai dengan Pasal 34 PP No.24 Tahun 1997. BPN akan melalukan pengecekan keaslian sertifikat tanah berdasarkan peta pendaftaran, daftar tanah, surat ukur, dan buku tanah. Waktu yang dibutuhkan untuk mengecek keaslian sertifikat biasanya tidak lama, hanya berkisar satu hari saja.

Setelah dilakukan pengecekan oleh BPN kemudian dinyatakan aman, maka sertifikat tersebut akan dicap. Namun jika BPN melihat sertifikat tersebut memiliki kejanggalan, biasanya akan diajukan plotting yaitu upaya pengajuan BPN kepada pemohon untuk memastikan kebenaran dari data sertifikat tersebut. Plotting ini menggunakan GPS (global positioning system) untuk masuk ke dalam peta pendaftaran sehingga dapat mengetahui lokasi tanah secara persis. Hasil plotting akan menunjukkan kebenaran lokasi tersebut sesuai dengan lahan kepemilikan dalam keterangan sertifikat. Jika hasilnya 100% asli, maka data pendaftaran dan lokasi tanah bersifat valid. Namun jika tidak ditemukan tanah pada lokasi sesuai dengan keterangan sertifikat, maka sertifikat dinilai tidak valid. Artinya data pendaftaran memang telah tercantum, namun saat dicek lokasi menggunakan GPS ternyata tanah itu fiktif.

Aplikasi BPN Go Mobile

BPN ONLINE 3

Anda juga bisa dengan mudah mengetahui berbagai informasi pertanahan dengan menggunakan aplikasi BPN Go Mobile. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Playstore Anda karena aplikasi BPN Go Mobile ini tersedia pada perangkat komunikasi berbasis software Android. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengetahui informasi mengenai persyaratan dan biaya layanan, jadwal LARASITA, dan informasi permohonan. Penggunaan aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam cek sertifikat tanah online sekaligus menghemat biaya.