Cara Merayakan Idul Fitri di Rumah Saja Tanpa Kehilangan Maknanya

Idul Fitri merupakan salah satu hari raya umat Islam yang dilaksanakan setiap tanggal 1 Syawal di tahun Hijriah. Perayaan Idul Fitri ini menggambarkan perayaan atas kemenangan iman atas nafsu yang ditundukkan selama Ramadan berlangsung dengan menjalani puasa selama satu bulan penuh. Bermakna kembali ke fitrah, Idul fitri berarti menjadikan kita pribadi muslim yang kembali “terlahir” dalam keadaan fitrah atau suci.

Di Indonesia sendiri, Idul Fitri sering disebut dengan kata Lebaran. ‘lebaran’ berasal dari kata ‘lebar’ yang berarti saat hari raya tiba, kita harus mampu berdada lebar (lapang dada) dengan meminta dan memberikan maaf sebagai wujud menghapus kesalahan kepada sesama. Sebagai manusia, tentu kita berpotensi melakukan kesalahan dan kekhilafan, untuk itu, saat berusaha kembali ke fitrah, kita harus memperbaiki hubungan dengan sesama. Idul Fitri menjadi momen untuk menyempurnakan hubungan kita kepada Allah, juga kepada sesama manusia.

Sayangnya, kondisi dan situasi tahun 2020 ini tidak sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Indonesia dan dunia kini sedang berhadapan dengan musuh tak kasat mata, yakni virus corona atau Covid-19. Status dunia yang kini sedang menjadi pandemi, membuat setiap kita bertanggung jawab atas kesehatan masing-masing dan orang sekitar dengan menekan angka penyebaran virus ini, adapun cara yang harus dilakukan adalah dengan tetap di rumah saja atas memutus rantai penyebaran.

Pemerintah pun melakukan beberapa langkah penekanan penyebaran Covid-19 ini, antara lain dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar, Isolasi bagi pendatang, revisi cuti lebaran 2020, pelarangan mudik ke kampung halaman, hingga adanya edaran dari Kementerian Agama untuk menjalankan ibadah seperti salat tarawih dan salat Id di rumah saja, bukan di masjid. Semua usaha ini akan menjadi sia-sia kalau kita sebagai masyarakat tidak melaksanakannya atau justru melanggar aturan yang diberikan oleh pemerintah.

Baca Juga :  Onde Mande, Resep Onde Onde Ketawa Renyah!

Semua aturan tersebut tentu membuat pelaksanaan Ramadan dan perayaan Idul Fitri di Indonesia ini menjadi berbeda dan tidak semeriah tahun sebelumnya. Dalam surat edaran Kemenag Nomor 6 tahun 2020 bahkan menginstruksikan agar masyarakat tidak melakukan kegiatan takbiran keliling saat malam sebelum lebaran, pelaksanaan silaturahim atau halal bihalal menggunakan media sosial dan video call/conference, juga peniadaan salat Idul Fitri di masjid atau lapangan.

Jangan khawatir, kamu tetap bisa membuat hari Raya Idul Fitri istimewa meski dilakukan di rumah loh! Dengan melakukan kegiatan di bawah ini, persiapan Lebaran Idul Fitri dan perayaannya akan tetap menyenangkan dan tak akan kehilangan maknanya.

Cara Merayakan Idul Fitri di Rumah Saja Tanpa Kehilangan Maknanya

 

  1. Silaturahim via video call

Untuk kamu yang ada di perantauan, kamu tetap bisa merayakan Lebaran bersama keluarga meski tidak berada di tempat yang sama lantaran kamu tidak bisa mudik atau pulang kampung. Kamu bisa melakukan silaturahim dengan orangtuamu melalui video call. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi video call yang bisa menjangkau hingga banyak orang.

  1. Makan ketupat di rumah

Lebaran tanpa ketupat tentu terasa kurang. Kamu bisa merayakan lebaran ini dengan makan ketupat bersama keluarga intimu di rumah sambil bercengkerama dan mengingat-ingat momen lebaran di tahun-tahun sebelumnya.

  1. Bersih-bersih rumah

Kapan lagi kamu ada waktu yang banyak untuk membuat rumah tampak mengkilap? Saat ini waktu yang tepat untuk membuat rumahmu bersih bersinar, apa lagi kamu akan menempatinya terus selama pandemi ini belum berakhir.

  1. Menonton Film Islami

Banyak film islami yang belum ditonton? Kamu bisa memilih film islami yang menjadi box office di rumahmu. Melalui aplikasi streaming yang ada, kamu bisa mengisi waktu lebaranmu dengan berbagai hikmah yang disajikan film-film islami itu.

Baca Juga :  Tutorial Tali Sepatu