Minyak Goreng

Antara Lezat dan Sehat, Ketahui Jenis Minyak Goreng yang Mampu Membuat Keduanya Seimbang

Minyak goreng adalah kombinasi dari semua jenis lemak. Dalam dunia kuliner, minyak goreng memiliki aneka macam jenis dan dapat digunakan dengan berbagai cara. Bisa digunakan untuk menggoreng, membuat roti, menggoreng kentang goreng, salad, dan bumbu dapur. Tapi, satu jenis minyak goreng itu sudah sangat serbaguna. Dan memilih minyak yang tepat bisa membingungkan. Baca di sini untuk mengetahui jenis-jenis minyak goreng bagi kamu yang tengah gemar menekuni dunia kuliner.

Rekomendasi Minyak Goreng

Berikut Jenis-Jenis Minyak Goreng Untuk Masakan Lezat dan Sehat

Minyak kelapa sawit

Jenis ini biasa digunakan dalam makanan pabrikan dan masakan cepat saji. Umumnya, sangat sering ditemui di dapur rumah. Biaya produksi yang rendah membuatnya menjadi pilihan yang lebih murah tetapi juga menghasilkan masalah lingkungan, terutama deforestasi. Punya kadar 51% lemak jenuh tinggi sehingga cocok untuk makanan olahan, tapi jelas pilihan yang kurang sehat.

Minyak almond

Jenis minyak goreng ini memiliki kadar lemak tak jenuh tunggal yang tinggi yang berarti memiliki kadar lemak jenuh relatif rendah. Bisa dibilang, minyak almond adalah pilihan yang baik untuk jantung. Ditambah lagi, minyak almond memiliki rasa pedas dan aftertaste yang kuat. Minyak almond adalah jenis yang bersuhu rendah, biasanya hanya dioleskan pada sayuran, saus salad, atau mayones.

Minyak alpukat

Yang satu ini punya kadar lemak tak jenuh tunggal yang sangat tinggi, tetapi kadar lemak tak jenuh ganda relatif rendah. Kandungan dalam minyak alpukat adalah vitamin A, D dan E yang larut dalam lemak dan juga mengandung vitamin B. Minyak alpukat berwarna hijau dengan rasa lembut dan aftertaste yang menyenangkan. Ini adalah minyak goreng panas dan tambahan yang bagus untuk salad, unggas dan makanan laut. Tetapi lebih mahal dari minyak lainnya.

Minyak bunga matahari

Biji bunga matahari normal akan membuat minyak bunga matahari tak jenuh yang kaya akan vitamin E. Minyak bunga matahari tak jenuh tunggal membutuhkan jenis khusus biji bunga matahari. Biasanya, minyak bunga matahari membantu mengurangi kadar kolesterol. Minyak bunga matahari adalah jenis yang serbaguna untuk masakan; dapat digunakan dalam suhu rendah maupun tinggi, dan berharga murah.

Minyak Goreng

Minyak nabati

Umumnya, jenis ini mengandung kombinasi antara minyak kedelai dan minyak kelapa. Minyak nabati relatif murah, tetapi juga punya kadar lemak jenuh yang tinggi. Perlu dicatat bahwa minyak kelapa sawit dan minyak kelapa juga dapat diberi label sebagai ‘minyak nabati’, yang dapat menjadi masalah mengingat minyak kelapa sawit mengandung 51% lemak jenuh dan minyak kelapa mengandung lemak sat 90% . Banyak!

Minyak kelapa

Dengan memiliki sedikit rasa kacang dan bekerja dengan baik dalam hidangan gurih dan manis, minyak kelapa sangat populer di dunia kuliner dan dapat menggantikan susu sebagai bahan untuk membuat kue dan krim. Minyak kelapa menghasilkan asap yang sangat banyak saat digunakan dan relatif awet saat disimpan, tetapi sayangnya punya kadar lemak jenuh yang sangat tinggi.

Minyak jagung

Jenis ini efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah karena mengandung lemak tak jenuh ganda yang tinggi. Minyak jagung menghasilkan banyak asap yang membuatnya ideal untuk menggoreng, dan rasanya yang lembut sehingga biasa digunakan untuk memanggang. Minyak jagung sangat baik untuk memasak dengan suhu panas rendah maupun tinggi.

Minyak zaitun

Bisa dibilang, jenis ini adalah sumber lemak tak jenuh tunggal dan bahan utama dalam diet di negara-negara Eropa bagian selatan – menyehatkan jantung secara tradisional, sebagai campuran buah-buahan, sayuran, pasta, dan nasi. Minyak zaitun sangat serbaguna karena bagus untuk masakan, saus salad atau bumbu dapur.

Itulah sebagian besar jenis minyak yang banyak digunakan di berbagai penjuru bumi. Selain kelezatan masakan, dampak pada kesehatan juga menjadi faktor penting untuk memilih bahan olahan makanan. Untuk itulah jenis-jenis di atas sangat penting sebagai rekomendasi minyak goreng dan minyak panggang agar hidanganmu tetap sehat ketika dikonsumsi.

Baca Juga :  Ini Daftar 6 Soto Khas Nusantara Yang Wajib Kamu Coba!